Tips Backpacker Hemat

Payless, Travel More Itu adalah kunci kesuksesan kenapa orang yang duitnya pas pasan kaya gue bisa traveling minimal setahun sekali. Tips nya adalah … ya elo musti pinter dan jangan malas buat cari informasi. Soalnya kalo loe udah males dan gatau apa-apa, yang cuman pengen liburan mengandalkan tour-tour dari agen-agen yang ada dengan jadwal yang udah ditentuin dan elo musti bayar berkali-kali lipat mahal nya daripada traveling ala backpakeran kaya gue.

Nih, gue kasih tips dikit tentang gimana sih caranya bisa traveling dengan biaya super murah….. Syarat pertama adalah :

1. ELO JANGAN KEBANYAKAN GENGSIAN

Yang namanya backpacker sejati itu bray, elo musti siap tidur di bandara dengan beralaskan lantai dan berbantalkan tas backpack loe. Loh ngapain juga tidur di Bandara ??? jadi gini ya, misalkan pesawat loe tiba di bandara sekitar jam 11 malem, nah masa elo mau langsung checkin ke hotel, kan sayang duitnya, bayar 1 hari full tapi loe cuman nikmatin setengah hari wkwkwkwk kalo gue sih mendingan tidur lesehan di bandara, baru paginya cabut ke hotel buat checkin, kan lumayan tuh budget penginapan satu malam bisa loe pake buat oleh-oleh buat enyak babeh loe. Kondisi ini juga bisa berlaku kalo ternyata pesawat loe berangkat sekitar jam 5 subuh atau jam 6 pagi, daripada loe musti bangun malem-malem dan nyari tumpangan ke bandara, resiko ketinggalan pesawat itu ngeri abis deh coy, mendingan elo nginep di bandara hahaha.

2. JANGAN PERNAH BERMIMPIKAN TIDUR DI HOTEL BINTANG 5

Ini nih yang suka jadi probelamatika para traveler yang ngakunya backpacker sejati tapi pengenya tidur di hotel mulu. Inget cuy, hotel-hotel di luar negri tuh harganya selangit. Kecuali kalo loe anak orang kaya dan liburan sebagai turis, itu sih urusan elo, mendingan gausah baca postingan gue selanjutnya, soalnya tulisan ini hanya berlaku buat para backpacker kere hahaha, namanya juga Thrifty Traveler. Nah sebelum loe pergi traveling, minimal 1 bulan atau 2 bulan sebelumnya loe musti cari-cari informasi tentang penginapan, HOSTEL bisa jadi salah satu alternatif buat tidur loe selama traveling. Hostel tuh beda sama HOTEL ya, buat loe yang belum pernah tidur di hostel, patut di coba kalo loe emang pengen jadi backpacker sejati kaya gue. Hostel biasanya satu kamar diisi beberapa kasur, jadi jangan heran kalo elo kebagian tidur sekamar sama orang India atau orang kenya, ada yang khusus cowok semua ada yang khusus cewek semua, ada juga yang campuran, itu tergantung selera loe aja. Kalo gue sih karena gue cewek, jadi milih yang female only. Nah asyiknya nginep di hostel adalah elo bisa kenalan dan punya temen baru sama temen sekamar loe, saling tukar informasi, cerita-cerita, atau bahkan dia bisa jadi temen maen loe di hari berikutnya. Asik kan! tapi ada ga enaknya juga cuy, yang namanya tidur sekamar dengan orang lain itu kadang suka berisik, ada yang pengen lampunya tetep nyala, ada yang ga bisa tidur kalo lampunya ga dimatiin. Nah dilema kan loe wkwkwkwk.

Tapi selain HOSTEL, ada alternatif lain sih, loe bisa nyari guest house atau hostel yang ada kamar private nya, biasanya harganya lebih mahal dikit daripada hostel yang sekamar buat 6 – 8 orang. Kembali lagi, ya tergantung selera eloo mameeen.

3. DO YOUR RESEARCH

Nah ini nih salah satu kunci paling penting buat bisa jadi backpacker sejati. Elo musti mau meluangkan waktu buka komputer loe, dan cari wifi gratisan di mall-mall atau di cafe-cafe. RISET ini bertujuan untuk biar loe tau, nanti pas traveling loe mau ngapain aja sih, mau kemana aja sih. ini penting banget soalnya loe gakan punya tour guide yang senantiasa nganterin loe ke tempat-tempat wisata, ya itulah turis, loe tinggal duduk enak nunggu arahan dari tur guide. Sedangkan backpacker itu, semua tujuan, transportasi, rute, tempat-tempat wisata yang mau dikunjungi, dan termasuk informasi-informasi tiket, jadwal buka tutup atraksi semuanya harus elo tau sendiri. CARANYA ???? yaaaaaaaaaa riset, buka google, trus ketik deh “Things to do in Hong Kong” beribu informasi ada disana, loe tinggal baca dan pahami. “Trus nanti disana naik apa ?? ” ya riset juga donk. Its super duper easy men.

Tips dari gue sih, biasanya sebelum gue pergi traveling, gue bikin itinerary dulu, semacam jadwal perjalanan yang nanti bakalan gue lakuin selama traveling, mulai dari jam berapa gue harus cabut dari penginapan, naik apa, harganya berapa, kemana aja, dimana gue bisa nemuin makan-makanan halal, gimana caranya gue beli simcard, termasuk gue juga harus tau informasi cuaca disana kaya gimana, itu kalo loe mau pergi-pergi ke negara yang cuacanya berbeda dengan negara kita. POKOKNYA ANYTHING you have to know men. Memang ribet sih, tapi inget cuy wawasan kita jad bertambah dengan kita tau semua itu, jadi pas nyampe tuh elo ga perlu takut nyasar, karena elo udah punya LIST TO DO di kepala loe, ya kalo lupa-lupa loe tinggal tanya sama orang-orang sekitar, dan inget juga ya, loe musti bisa bahasa inggeris, minimal yes no yes no ajalah.

4. PINTAR PINTAR CARI TIKET PROMO

Tiket pesawat adalah kendala paling utama kalo loe mau traveling. Biasanya nih harga tiket pesawat itu bisa memakan 40% budget perjalanan loh, mangkanya banyak orang ga bisa traveling karena nyangkut di tiket pesawat yang begitu mahaaaal. YES IT IS !! tapi selagi otak loe cemerlang dan ga bego-bego amat, kayanya masih ada deh jalan lain untuk bisa dapetin tiket pesawat dengan harga murah. Cuman ya elo sekali lagi jangan kebanyakan gengsi, sekali-kali naik pesawat low cost carrier mang napa sih ? Itu guys, maskapai yang nyediain pelayanan super ekonomis, tapi masih nyaman. Sekarang ini traveling kan udah kaya kebutuhan masyarakat gitu, mangkanya banyak maskapai penerbangat yang bikin Low Cost Carrier biar makin banyak orang yang bisa traveling dengan budget minim, ditambah lagi, banyak promo nya cuuuy. TAPI GIMANA CARANYA HONEY ?? caranya, loe baca nih postingan gue tentang tips dan trik dapetin tiket promo soalnya lumayan panjang men….

5. BELI TIKET PESAWAT DARI SETAHUN SEBELUMNYA

Jangan harep dapetin tiket pesawat murah kalo loe berencana liburan dadakan ya, dijamin gakan ada yang murah. Gue biasanya dapet tiket promo dari setahun sebelumnya, meskipun gue belum punya tabungan buat akomodasi dan transport dan makan selama traveling dan segala macemnya, setidaknya kalo tiket pesawat udah ditangan dan gue punya waktu 1 tahun ini buat nabung. Setelah dapet tiket pesawat loe langsung deh bikin itinerari secara garis besar buat nentuin berapa duit sih yang elo butuhin buat traveling nanti, misalkan loe pergi ke Thailand selama 5 hari, loe mulai riset penginapan disana yang paling murah rate nya berapa, makanan nya gimana, trus tempat wisata apa aja yang pengen loe datengin, syukur-syukur kalo gratisan, tapi biasanya banyak yang pake tiket juga, nah itu musti dihitung juga. Jadi setelah loe dapet nominal budget yang loe butuhin, baru deh menabung selama setahun itu sampe hari H loe berangkat traveling.

6. Hindari wisata ke tempat-tempat yang pake tiket mahal

Sebenernya tergantung selera sih, ada juga loh traveler yang emang rela ngeluarin biaya tiket demi masuk ke area wisata tertentu. Kalo gue sih males ya, kecuali emang ngebet banget, contoh kaya waktu ke Singapore, udah 3 kali gue kesana tapi belum sekalipun gue masuk ke Universal Studio wakkwakwak. Karena emang ga suka theme park gitu, ditambah tiketnya muahal abis, maennya gitu-gitu aja. Gue pribadi lebih rela ngeluarin biaya gede demi hal-hal yang emang worthed lah, misalkan Skydive di Lake Wanaka New Zealand gituhh, gapapa lah gue musti keluarin duit dengan harga 6 juta sekali ngejump dari atas pesawat hahahaha. Sekali seumur hidup. Do something crazy that worth your life.

Contoh lain, waktu gue ke Jepang. Gue lebih rela ngeluarin uang buat beli JR Pass dan naik Shinkansen sepuasnya kemanapun sesuka hati, daripada musti beli tiket buat masuk ke Disney Land. No Thanks! tapi itu semua kembali ke selera elo sih bray. Kalo emang ngebet banget sama si elsa atau micky mouse ya silahkan mas bray.

Gue sendiri lebih seneng jalan-jalan ke tempat-tempat heritage, temple, berbaur sama budaya lokal, nature, pegunungan, lake atau pantai. Selain gratis, kesannya beda aja gitu kalo udah berbaur sama alam, ada rasa puas tersendiri aja.

To be continued ya bray, mood dan ide gue udah ilang, mau di charge dulu. Bye.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*