Catatan Perjalanan Thailand dan Malaysia – Part 4 George Town, Penang

Waktu traveling ke Bangkok tahun 2014 lalu, saya beserta ke-5 teman traveling menyempatkan diri buat mampir ke salah satu kota tua yang ada di Malaysia, tepatnya di pulang Penang. George Town namanya, pada saat pertama kali saya mendengar namanya, mbikin penasaran juga kok kaya di eropa atau amerika sana ya, ternyata kota ini memang peninggalan bangsa kolonial Inggris yang jaman lalu menjajah malaysia. Kami ber-6 menginap di salah satu hostel di daerah George Town, sebenernya banyak banget pilihan hostel murah meriah di sini, tapi karena kami tertarik sama bangunan-bangunan tua disana jadi kami memutuskan untuk menginap di Red Inn Court Hostel. Review untuk Hostel Red Inn Court Hostel.

Jam 7 pagi sepertinya terlalu pagi untuk memulai aktifitas jalan-jalannya, tapi karena saya sebagai pelopor perjalanan jadi saya pergi berdua sama Puqis untuk memulai meng-explore George Town. Jalan-jalan di George Town ini lebih cocok menggunakan sepedah, karena lokasi tidak terlalu jauh dari spot-spot yang akan kami lewati. Kami menyewa sepedah disekitaran hostel, gausah kwatir karena banyak banget toko-toko disana yang menyediakan sewa sepedah.

1. Street Art George Town
Suasana kala pagi di George Town

George Town terkenal dengan Street Art nya, banyak banget gambar-gambar unik dan kreatif yang bisa dijadikan bahan selfie dan poto-poto, jangan lupa untuk membawa map yang tersedia di hostel untuk menentukan titik lokasi dimana street art berada.  Foto-foto dengan background street art is a must jika kalian mengunjungi George Town Malaysia.

Sangat direkomendasikan untuk datang sepagi mungkin hunting street art ini, karena suasana masih sepi jadi bisa bebas leluasa untuk poto-poto, karena kalau datangnya siang, kemungkinan untuk berfoto saja bisa antri karena banyak banget wisatawan yang pengen popotoan juga.

2. Clan Jetties Penang

Selain berfoto-foto ria dengan Street Art nya George Town, kami juga mengunjungi salah satu tempat wajib yaitu Clan Jetties Penang. Clan Jetties ini  merupakan semacam perkampungan diatas laut. Disini juga banyak banget yang jualan souvenir dan makanan, tempat nya juga asyik buat popotoan, yang paling penting itu adalah gratis, ga perlu pake tiket tiketan haha. Kita bisa melihat jembatan panjang yang menghubungkan Pulau Penang dengan Butterworth.

Buat yang doyan durian, jangan lupa beli durian pup dan eskrim yang namanya Taste Better, dijamin ketagihan dan harganya murah banget.

3. Esplanade Park

Sore hari enaknya  ngadem di pantai, tentu banyak banget pantai yang bisa dikunjungi di George Town, yang paling terkenal adalah Batu Ferringi, tapi karena kondisi fisik kita sudah lelah gara-gara 3 hari di Bangkok sebelumnya, jadi kita memutuskan untuk berjalan-jalann saja di Esplanade Park, dari hostel cukup berjalan kaki aja, paling juga sampe sekitar 15 menitan, kalo ke Batu Ferringi, kita harus menempuh jarak yang lumayan jauh. Sooooo, disini aja deh.

Di Esplanade Park ini ada banyak pedagang street food gitu loh, jadi gausah kwatir kalau malam-malam ternyata kelaparan, disini tersedia berbagai macam makanan. Sepertinya untuk puas mengexplore George Town tidak cukup hanya sehari saja, karena ada beberapa tempat wisata yang kami batalkan saat itu, diantaranya ada Penang Hill, Kek Lok Sie Temple, Penang Botanical Garden, beberapa museum dan temple-temple.